Selasa, 28 Agustus 2018

Seputar Pulau Flores (Part I)


Ga nyangka baru sekitar 6 (enam) tahun aku sudah mencari nafkah serta tinggal menetap di daerah dimana tempat lahirnya 5 (lima) butir Pancasila yakni di Kabupaten Ende. Mungkin saja banyak orang-orang kota metropolitan (ketika aku berada di jakarta pas beberapa tahun silam) masih saja ada yang belum paham dimana letak lokasi Kabupaten Ende. Nahhh, aku berikan sekilas bayangan saja yaa teman teman semua.

Ende itu berada di tengah-tengah Pulau Flores, Kabupaten Ende itu pemekaran dari Kabupaten Flores pada era masa Bung Karno menjabat Presiden RI, kemudian terpecah menjadi Kabupaten Manggarai, Kabupaten Ngada, Kabupaten Ende, Kabupaten Sikka, dan Kabupaten Flores Timur pada masa akhir tahun 1950an sesuai Undang-Undang Nomor: 69 Tahun 1958 tentang pembentukan Daerah-Daerah Tk II dalam wilayah Daerah-Daerah Tingkat I Bali, NTB dan NTT .

Sekitar tahun 2000an beberapa kabupaten ada yang memekarkan daerahnya yakni kab. Manggarai raya menjadi 3 kab. Manggarai Barat, Manggarai dan Manggarai Timur. Kab. Ngada menjadi 2 kabupaten yakni Kab. Ngada dan Kab. Nagekeo. Serta Kab. Flores Timur menjadi 2 Kab. Flores timur, dan Kab. Lembata. 

Mungkin itu saja dahulu tulisanku yang masih jauh dari kesempurnaan, maklum saja belum ada ide lagi tetapi jari ingin sekali mengetik dan ingin mengasah kemampuanku yang terpendam dari dulu. Byeee.

3 komentar:

  1. Senang dan bangga membaca tulisan tentang Ende dari orang di luar Ende. You, rock. Terus menulis, Win!

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi kakak tuteh. oia kak, si atik juga mau bikin.diajarin jg y kakak

      Hapus
  2. Wah terima kasih, tulisan ini merupakan jawaban dari pergumulan saya. Di Jakarta orang sering tanya Flores itu di mana? wah saya pikir ne orang tidak pernah belajar geografi apa?

    Yang mereka paham timor, nah itu beda dengan flores. benar kan kawan...

    Jadi thanks kawan tulisan ini bisa menjadi jawaban atas pertanyaan orang tentang flores secara menyeluruh. termasuk Ende. menarik sekali... Tidak sabar menanti tulisan berikutnya.. salam

    BalasHapus